Perkembangan IT China-India, sbg Salah Satu Triger Pertumbuhan Ekonomi & Peningkatan Kesejahteraan

Negara China dan India dapat dikatakan sebagai pioneer dalam hal teknologi, mereka menghasilkan produk-produk teknologi yang mudah namun memiliki kualitas yang sangat baik.

Perekonomian China terus bertumbuh hingga rata-rata 7.6% setiap tahunnya dalam jangka waktu lima tahun (1997-2002). Sebagian besar hasil studi ada beberapa faktor bertumbuhnya perekonomian negara komunis itu, yaitu : bidang makro, fiscal, saham, pasar domestik dan meningkatnya “trading” internasional yang membawa pada peningkatan investasi asing. Namun dari beberapa studi ada faktor yang menjadi perhatian yaitu sektor teknologi meliputi bidang telekomunikasi, industri komputer, dan Internet development. China saat ini menjadi “sentral perindustrian global”.

Teknologi dapat memperkuat perekonomian China, hal ini dimulai ketika banyak investasi dibidang IT (Teknologi Informasi) yang masuk ke China yang secara otomatis menyerap banyak tenaga kerja negara mereka sejak 1990-an, yang kemudian China menjadi salah satu pemegang pasar terbesar produk IT di seluruh dunia. Hal ini terjadi karena terjadi korelasi antara investasi, produktifitas tenaga kerja China dan Teknologi. Perkembangan teknologi di China memiliki kontribusi sekitar 30% dari rata-rata perkembangan ekonomi negara mereka.

Selain negara China, kita dapat melihat negara India yang memiliki perkembangan sangat pesat dalam hal software. Industri software India menghasilkan devisa senilai US $ 150 juta pada 1991-1992 yang kemudian bertumbuh sampai US $ 5.7 milyar (ditambah lagi kurang lebih $4 milyar dari hasil ekspor software) pada 1999-2000. Tidak ada Industri India yang berjalan lebih baik dari bidang teknologi ini yang dapat berkompetisi dalam pasar global.

Berdasarkan NASSCOM-McKinsey report, pendapatan dari Industri IT di India pada tahun 2008 adalah senilai US $ 87 milyar, pendapatan tersebut berasa dair 4 sektor, yaitu IT services, produksi software, IT enabled services, dan e-businesses. Bidang teknologi di India semakin bertambah kuat sejak pemerintahan India memfokuskan untuk terus meransang dan mempromosikan industri domestik dan terus menggembangkan masyarakat India yang memiliki potensial menjadi IT entrepreneur.

Teknologi Indonesia

Melihat China dan India yang telah berhasil menggunakan teknologi untuk memperkuat negara mereka masing-masing, bagaimana dengan Indonesia? Indonesia sampai saat ini masih menjadi end user (mempergunakan produk-produk teknologi yang sudah ada di pasaran) dan bukan sebagai produsen dalam teknologi. Teknologi membawa pengaruh yang sangat besar dalam segala kegiatan, termasuk dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang berazaskan pada kesejahteraan.


0 Response to "Perkembangan IT China-India, sbg Salah Satu Triger Pertumbuhan Ekonomi & Peningkatan Kesejahteraan"

Poskan Komentar